Rabu, 22 Agustus 2012

Contoh naskah film the journalist

Pada postingan terbaru kali ini blog contoh surat akan memberikan sebuah contoh naskah film dengan judul the journalis.

Contoh ini merupakan sebuah naskah standar yang sudah memenuhi syarat yang biasanya dipakai dalam skenario sebuah film amatir.

Postingan contoh naskah film ini nantinya bisa kamu lihat untuk menambah pengetahuan perfilman kamu agar kamu nantinya jugabisa jadi sineas

The journalist
sinopsis
Film ini menceritakan tentang seorang jurnalis wanita bernama kania yang sangat mencintai profesinya sebagai pencari berita professional, diawal karirnya kania menemui tantangan yang sangat berat dari pimpinan redaksi di perusahaan Koran harian tempat ia bekerja, yaitu kania di manandatkan tugas untuk mencari gembong narkoba sindikat internasional yang berada di Jakarta. Walaupun kania berat untuk menjalani tugas ini karena resiko yang akan di temui sangatlah tinggi, tetapi kania membulatkan niatnya untuk menjalani tugas yang sudah dibebankan kepadanya, dengan kebimbangan hati, kania memulai menjalankan tugasnya, menginvestigasi dan menelisik lebih dalam keberadaan gembong narkoba tersebut, selama 12 jam pencariannya, akhirnya kania menemui persembunyian gembong narkoba terbesar di jakarata itu. Perlahan kania memasuki markas gembong narkoba, kania mendapati sindikat gembong narkoba sedang bertransaksi, dengan kamera SLR nya kania mengambil gambar sindikat yang sedang bertransaksi, tanpa sengaja flas kamera yang di gunakan kania terlihat oleh salah satu sindikat narkoba yang sedang bertransaksi, menyadari perbuatannya diketahui, kania bergegas meninggalkan gedung tua tersebut. Karena persembunyiannya tidak ingin di ketahui polisi, kania pun di kejar oleh dua anggota sindikat narkoba, dalam pelariannya kania beruha untuk menjaga data fakta yg telah didapatnnya, setelah proses melrikan diri yang sangat panjang, akhirnya kania berhasil lolos dari kejaran dua oknum sindikat narkoba tersebut

Analisis Karakter
1.  Nama           :Kania Shafira
2.  Jenis kelamin  :Perempuan
3.  Umur           :23 tahun
4.  Ciri – ciri    :berwajah oriental dengan alis yang aga tipis bemata sipit dan memakai kaca mata, mempunyai badan yang langsing dan cukup tinggi.
5.  Pendidikan     :menjalani pendidikan dari sekolah dasar smpai SMA dengan hasil yang cukup baik, yaitu selalu mendapatkan rangking 5 besar di kelasnya, dan berhasil mencapai S1 di UNIV Indonesia jurusan Jurnalistik.
6.  Status perkawinan   :belum ingin menikah hingga menjadi wartawati senior.
7.  Pekerjaan           :wartawati dari Koran harian TELISIK
8.  Hubungan karakter dengan atasannya, dan teman – teman kantornya           :mempunyai hubungan yang baik dengan atasan maupun teman kantornya.
9.  Apa pendapat karakter dengan pekerjaannya   :ia sangat mendambakan dirinya menjadi seorang wartawati sejak duduk di SMA, jadi ia sangat sangat mencintai dan bangga terhadap profesinya sekarang, ia mempunyai prinsip di dalam dirnya, yaitu selalu mencintai dan totalitas terhadap profesinya sebagai seorang jurnalis.
10. Simpulkan kpribadian karakter ini      :mempunyai disiplin dalam kpribadiannya, mesti sedikit aga manja, ia selalu konsisten terhadap tujuannya.
11. Apa tujuan atau keinginan karakter ini :ingin mengupas tuntas persembunyian sindikat gembong narkoba, agar ia dapat menyelesaikan tugasnya.
12. Mengapa ia ingin mendapatkan hal ini   :karena ia di tugaskan oleh pimpinan redaksinya, dan ingin menjadi seorang jurnalis yang professional.
13. Siapa atau apa yang akan menghalanginya mendapatkan hal  ini? Mengapa? Diasaat ia berhasil menemui camp gembong narkoba,ia tertangkap mata oleh salah satu sindikat gembong narkoba, karna sindikatgembong narkoba tidak ingiin di ketahui persembunyiannya, dua orang sindikat narkoba mengejar kania untuk menagkapnya.
14. Apa kekuatan karakter  ini yang akan membuatnya mendapatkan tujuannya ? apa kelemahannya? Ia sangat komitmen dengan pekerjaanya, dan sangat mencintai profesinya sebagi jurnalis hingga ia merasa mampu untuk menjalani tugasnya. Meski sangat yakin kania mampu menyelesaikan tugasnya, tapi ia mempunyai sedikit ketakutan akan resiko yang akan di hadapi nanti.

Outline

Kartu 1
Pagi, kamar kania. Bunyi dering handphone membangunkan kania dari tidurnya

Kartu 2
Pagi, jalan raya. Kania berangkat kekantor dengan sepeda motornya

Kartu 3
Pagi, kantor kania. Kania memasuki kantornya dan menuju ruangan pimpinan redaksinya

Kartu 4
Pagi, ruangan pimred. Kania di tugaskan mencari berita tentang sindikat gembong narkoba yang berada di Jakarta

Kartu 5
Siang, jalan raya. Kania bergegas untuk mencari berita

Kartu 6
Siang, pinggiran jalan. Kania berhenti dari motornya lalu menanyakan kepada seseorang tentang keberdaann gembong narkoba

Kartu 7
Siang, jalan raya. Kania melanjutkan perjalanannya untuk menuju tempat yang di yakini sebagai markas sindikat gembong narkoba

Kartu 8
Sore, pinggir jalan. Kania menanyakan kembali tentang keberadaan sindikat gembong narkoba

Kartu 9
Sore, gedung tua. Kania masuk kedalam gedung tua yang dikini markas sindikat gembong teroris

Kartu 10
Sore, gedung tua. Akhirya kania berhasil menemukan sindikat gembong narkoba yang sedang berteransaksi, naas aksi kania di ketahui oleh seorang sindikat narkoba, sadar aksinya di ketahui, kania bergegas meninggalkan gedung tua itu

Kartu 11
Malam, jalan raya, kania berlari sekeras tenaganya menghindari kejaran sindikat narkoba, melik liuk di antara gedung perkotaan akhirnya kania dapat meloloskan diri dari kejaran para sindikat narkoba.

Kartu 12
Pagi, café. Terlihat kania sedang menceritakan pengalamannya saat mencari berita tentang sindikat narkoba pada temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar